Tes Akademi dan Baca Al-Qur’an Calon Mahasiswa Baru STAI Miftahul ‘Ulum Mukomuko Gelombang 1

Mukomuko, 6 Juni 2024 – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul ‘Ulum Mukomuko menggelar tes akademik dan tes baca Al-Qur’an bagi calon mahasiswa baru gelombang pertama pada hari Kamis, 6 Juni 2024. Acara tersebut diikuti oleh puluhan peserta yang datang dari berbagai daerah untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam bidang akademik dan keagamaan.

Tes akademik yang diselenggarakan meliputi berbagai mata pelajaran dasar yang relevan dengan kurikulum STAI Miftahul ‘Ulum. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar calon mahasiswa dalam memahami materi pelajaran yang akan menjadi dasar dalam perkuliahan nanti.

Selain tes akademik, para calon mahasiswa juga diuji kemampuan membaca Al-Qur’an. Tes baca Al-Qur’an ini mencakup tajwid, kefasihan, dan pemahaman terhadap ayat-ayat suci Al-Qur’an. Tes ini merupakan salah satu syarat penting bagi calon mahasiswa untuk dapat diterima di STAI Miftahul ‘Ulum, mengingat pentingnya kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai dasar pendidikan di institusi ini.

Proses seleksi berlangsung dengan tertib dan penuh semangat. Para peserta tampak antusias dalam mengikuti setiap tahapan tes, meskipun beberapa di antara mereka mengaku sempat merasa gugup. Pihak panitia berusaha menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman agar para peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Ketua STAI Miftahul ‘Ulum, Maula Desiono, M.Pd.I., menyampaikan bahwa tes ini merupakan langkah awal yang sangat penting bagi para calon mahasiswa. “Kami berharap melalui tes ini, kami dapat menjaring calon mahasiswa yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki pemahaman dan kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik. Kedua aspek ini sangat penting bagi pendidikan di STAI Miftahul ‘Ulum,” ujarnya.

Hasil tes akademik dan baca Al-Qur’an ini akan diumumkan pada minggu depan, dan bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi gelombang pertama, mereka akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Dengan terselenggaranya tes akademik dan baca Al-Qur’an ini, STAI Miftahul ‘Ulum Mukomuko berharap dapat melahirkan generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan pemahaman keagamaan yang kuat.

Kabar Kampus Lainnya