Sejarah STAI Miftahul ‘Ulum Mukomuko

Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ‘Ulum (STAIMU) Mukomuko adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Bapak Ky. Moh. Nasodin, S.Pd.I., bersama adiknya, almarhum KH. Yasirun Azizi, atas inisiatif dari Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd., Kajur Tarbiyah STAIN Bengkulu (sekarang UIN FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU) pada waktu itu. Gagasan tersebut kemudian direalisasikan pada tahun 2009 dengan pembentukan tim penyusun proposal pendirian perguruan tinggi. Respon positif diterima dari berbagai pihak, terutama Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh Bapak Bupati Ichwan Yunus, serta para dosen STAIN Bengkulu seperti Dr. Zulkarnain S, M. Ag, Dr. Zubaedi, M. Ag, Dr. Ujang Mahadi M.Si, dan Dr. Ridho Sabibi, M. Ag, dengan dukungan khusus dari Ketua STAIN Bengkulu saat itu, Prof. Dr. H. Rohimin, M. Ag. (sekarang Direktur Pasca Sarjana UIN FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU).

Setelah melalui proses yang cukup panjang, pendirian STAI Miftahul ‘Ulum Mukomuko mendapatkan persetujuan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan nomor SK Dj. 1/352 A/2010, pada tanggal 10 Juni 2010, yang ditandatangani oleh Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Mohammad Ali. STAIMU mulai beroperasi pada tahun akademik 2011/2012. Awalnya, STAIMU berlokasi di Jalan KH. Mukhlasudin Desa Wonosobo dengan menggunakan gedung Madrasah Aliyah Miftahul ‘Ulum. Pada tahun 2014, kampus tersebut dipindahkan ke gedung Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda di tepi Jalan Lintas Bengkulu-Padang, Desa Sidodadi, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko.

Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ‘Ulum (STAIMU) Mukomuko didirikan oleh Bapak Ky. Moh. Nasodin, S.Pd.I., bersama almarhum adiknya, KH. Yasirun Azizi, atas inisiatif Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd., Kajur Tarbiyah STAIN Bengkulu (sekarang UIN FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU) pada saat itu. Gagasan tersebut diwujudkan pada tahun 2009 melalui pembentukan tim penyusun proposal pendirian perguruan tinggi. Respon positif datang dari berbagai pihak, terutama Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh Bapak Bupati Ichwan Yunus, serta beberapa dosen STAIN Bengkulu seperti Dr. Zulkarnain S, M. Ag, Dr. Zubaedi, M. Ag, Dr. Ujang Mahadi M.Si, dan Dr. Ridho Sabibi, M. Ag, dengan dukungan khusus dari Ketua STAIN Bengkulu saat itu, Prof. Dr. H. Rohimin, M. Ag. (kini Direktur Pasca Sarjana UIN FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU).

Setelah melewati proses yang cukup panjang, pendirian STAI Miftahul ‘Ulum Mukomuko mendapatkan persetujuan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan nomor SK Dj. 1/352 A/2010, pada tanggal 10 Juni 2010, yang ditandatangani oleh Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Mohammad Ali. STAIMU mulai beroperasi pada tahun akademik 2011/2012. Awalnya, STAIMU berlokasi di Jalan KH. Mukhlasudin Desa Wonosobo dengan menggunakan gedung Madrasah Aliyah Miftahul ‘Ulum. Pada tahun 2014, kampus tersebut dipindahkan ke gedung Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda di tepi Jalan Lintas Bengkulu-Padang, Desa Sidodadi, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko.

STAIMU Mukomuko, sebagai satu-satunya perguruan tinggi agama di Kabupaten Mukomuko, terus berupaya memperbaiki diri dan berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif, dan unggul, sambil mengikuti perkembangan zaman dengan berpegang pada nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, dan akhlakul karimah yang berakar pada i’toqd ahli sunnah wal jama’ah. Saat ini, telah ada 75 alumni yang menyebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Mukomuko, bahkan ada yang mencapai luar daerah seperti Pesisir Selatan Sumatera Barat, Kerinci Provinsi Jambi, dan 1 di Kalimantan.

Kabar Kampus Lainnya