Seminar Hasil KKN Mahasiswa STAI Miftahul ‘Ulum, Meningkatkan Kualitas Hidup dan Pendidikan Masyarakat Melalui Inovasi dan Kolaborasi Lokal

STAI Miftahul ‘Ulum, 2 Maret 2024 – Mahasiswa STAI Miftahul ‘Ulum menggelar Seminar Hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, serta tokoh masyarakat setempat. Seminar ini menjadi momentum untuk memperkenalkan temuan dan upaya kolaboratif mahasiswa dalam meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan masyarakat melalui inovasi lokal.

Dalam sambutannya, Ketua STAI Miftahul ‘Ulum, Bapak Maula Desiono, M.Pd.I menyatakan, “Seminar ini merupakan tahapan akhir dalam rangkaian KKN yang dilakukan oleh mahasiswa STAI Miftahul ‘Ulum. Kami bangga melihat dedikasi dan kerja keras mereka dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar.”

Mahasiswa KKN telah terlibat dalam berbagai kegiatan, mulai dari pembinaan pendidikan, pengembangan potensi ekonomi lokal, hingga program-program kesehatan dan lingkungan. Melalui inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, mereka berhasil menciptakan solusi-solusi yang berdampak positif bagi masyarakat.

Dalam seminar tersebut, salah satu temuan yang diungkapkan oleh mahasiswa KKN STAI Miftahul ‘Ulum adalah upaya memberikan ilmu tambahan kepada siswa di sekolah-sekolah formal maupun nonformal di daerah yang menjadi lokasi KKN. Mahasiswa ini melaksanakan program-program pendidikan tambahan di sekolah-sekolah setempat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

“Dengan kolaborasi antara mahasiswa KKN, guru-guru lokal, dan pihak sekolah, program-program pendidikan tambahan ini dapat dijalankan secara efektif. Hal ini membantu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta memberikan mereka kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka di luar ruang kelas,” tambah Bapak Maula Desiono.

Seminar ini juga dihadiri oleh para Dosen dan Mahasiswa adik tingkat yang memberikan apresiasi atas kontribusi mahasiswa STAI Miftahul ‘Ulum dalam membantu memecahkan berbagai tantangan yang dihadapi oleh masyarakat.

KKN kali ini merupakan Angkatan Ke-9 yang dibagi menjadi 4 kelompok tersebar di berbagai desa, antara lain Desa Sidodadi Kecamatan Sungai Rumai, Desa Sember Mulya Kecamatan Penarik, Desa Sido Makmur Kecamatan Air Majunto, dan Desa Bukit Makmur Kecamatan Penarik.

Dengan semangat yang tinggi, para mahasiswa STAI Miftahul ‘Ulum berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pembangunan lokal serta memberikan dampak positif bagi masyarakat secara berkelanjutan.

Kabar Kampus Lainnya