Senin - Minggu, 08.00 - 17.00
Hubungi Kami 0853 7875 2894

Sejarah STAIMU Mukomuko

Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ‘Ulum (STAIMU) Mukomuko merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Yayasan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum yang didirikan  oleh bapak Ky. Moh. Nasodin, S.Pd.I.  bersama adik beliau KH. Yasirun Azizi (almarhum) atas inisiatif  bapak Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd. Kajur Tarbiyah STAIN Bengkulu pada waktu itu (sekarang UIN FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU). pada tahun 2009 Gagasan tersebut direalisasikannya dengan membentuk tim penyusun proposal pendirian perguruan tinggi. Respon positif dari berbagai kalangan terutama pemerintah daerah Bapak Bupati Ichwan Yunus dan dosen-dosen STAIN Bengkulu diantaranya Bapak Dr. Zulkarnain S, M. Ag, Bapak Dr. Zubaedi, M. Ag, Bapak Dr. Ujang Mahadi M.Si, dan Bapak Dr. Ridho Sabibi, M. Ag serta binaan  khusus  dari bapak Ketua STAIN Bengkulu bapak Prof. Dr. H. Rohimin, M. Ag. (sekarang Direktur Pasca Sarjana UIN FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU).

Setelah melalui proses yang cukup panjang, pendirian STAI Miftahul ‘Ulum Mukomuko mendapatkan persetujuan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Kementerian Agama RI berdasarkan no. SK Dj. 1/352 A/2010, pada tanggal 10 Juni 2010 yang ditanda tangani oleh Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Bapak Mohammad Ali.  STAIMU mulai beroperasi pada tahuan akademik 2011/2012. 
Pada mulanya STAIMU berkedudukan di Jalan KH. Mukhlasudin Desa Wonosobo dengan memakai gedung Madrasah Aliyah Miftahul ‘Ulum. Pada tahun 2014 lalu pindah ke gedung Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda di tepi Jalan Lintas Bengkulu-Padang Desa Sidodadi Kec. Penarik Kab. Mukomuko.

Potret Dewan Senat Rapat Senat Wisuda Sarjana Angkatan 1

Berbekal swadana dan swadaya dari hasil infaq dari para jamaah haji, pengurus yayasan dan para donatur segenap panitia pembangunan kampus, mendirikan bangunan-bangunan permanen untuk ruang kuliah dan kantor. Maka pada tahun 2019 seluruh kegiatan akademik dan non akademik  telah menempati gedung sendiri di tepi Jalan Lintas Bengkulu-Padang Desa Sidodadi Kec. Penarik Kab. Mukomuko.
Pada awal Berdirinya tahun 2010/2011 pimpinan STAIMU Mukomuko diketuai oleh Bapak Muh.  Nuh Idris, S. Ag, sehubungan dengan beliau merangkap menjadi Kepala Madrasah Aliyah Miftahul ‘Ulum maka jabatan ketua dilanjutkan oleh Bapak Maula Desiono, M. Pd. I pada tahun 2013/2014 sampai sekarang. Adapun Program studi yang diselenggarakan yaitu S1 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dan S1 Program Studi Manajemen Dakwah Islam.
Institusi STAIMU Mukomuko telah terakreditasi sejak tahun 2015 merupakan akreditasi institusi yang pertama dengan mendapatkan Predikat C dari BAN PT dengan SK BAN-PT No. 550/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2015. Pada tahun 2023 Institusi STAIMU Mukomuko kembali terakreditasi BAIK Berdasarkan SK BANPT  NOMOR : 133/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/II/2023.

Wisuda Angkatan 1

Eksistensi STAIMU Mukomuko sebagai satu satu perguruan tinggi agama di daerah kabupaten mukomuko terus berupaya berbenah dan berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia  yang berkualitas, berdaya saing dan unggul dan mengikuti perkembangan zaman yang di dasari dengan nilai nilai keimanan dan ketaqwaan serta akhlakul karimah yang berlandaskan i’toqd ahli sunnah wal jama’ah. saat ini setidak sudah ada 75 alumni yang tersebar di berbagai kecamatan yang ada di kabupaten mukomuko bahkan ada yang di luar daerah mukomuko yaitu di pesisir selatan Sumatera Barat, Kerinci Provinsi Jambi dan 1 di Kalimantan.

Komentari Tulisan Ini
Ketua
Maula Desiono, M. Pd. I

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI STAI MIFTAHUL 'ULUM MUKOMUKO Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala puji syukur kita naikkan ke hadirat Tuhan…

Jajak Pendapat

Program Studi yang Anda Minati?

Iklan
PMB 2023/2024